06 Agustus 2012

Khasiat si Ratu Buah

  1. A.         Kandungan Manggis
Buah manggis mengandung gula sakarosa, dekstrosa dan levulosa. Komposisi bagian buah yang dimakan per 100 g meliputi 79,2 g air; 19,8 g karbohidrat; 17 mg fosfor; 0,5 g protein; 0,3 g serat; 11 mg kalsium; 0,9 mg besi; 14 IU vitamin A; 66 mg vitamin C; 0,09 mg vitamin B (tiamin); 0,06 mg vitamin B2 (riboflavin); dan 0,1 mg vitamin B5 (niasin).

Kulit batang diketahui juga mengandung xanthone. Sebagai antioksidan nomor wahid, xanthone ampuh membantu mengusir radikal bebas, menghambat penuaan dan mengontrol penyakit degeneratif seperti arthiris. Xantone juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai terapi untuk penyakit katdiovaskular seperti penyakit jantung iskemik, hipertensi, dan atherosclerosis alias penyumbatan dalam pembuluh darah. Selain bermanfaat sebagai antioksidan, buah manggis juga berkhasiat sebagai antibakteri, antikanker, antijamut, antimikroba dan antiradang.

Kemampuan tersebut membuatnya menjadi lawan bagi gangguan radang saluran kemih, amandel, pendarahan usus, obat cacing alami, wasir, disentri, diare, sariawan dan tumor. Kulit manggis juga berisi senyawa tannin, resin, serta crystallizable mangostin yang bereaksi positif bagi tubuh dan bermanfaat membuang asam urat sehingga cocok bagi penderita rematik. Konsumsi xanthone selama 30 hari berturut-turut bisa membuat wajah tampak lebih muda.
  1. B.         Bagian Tanaman yang Berkhasiat Obat 1.      Kulit
Berbagai penelitian membuktikan kulit manggis memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh sehingga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari yang ringan seperti sariawan, wasir dan keputihan, hingga penyakit berat seperti diabetes, jantung koroner, kanker payudara hingga HIV/AIDS. Kelebihan lain kulit manggis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tingkat depresi dan menstabilkan fungsi jaringan dalam tubuh. Dibidang lain kulit manggis digunakan sebagai pewarna tekstil.
  1. 2.      Akar, daun, kulit, batang dan buah
Selain buah dan kulitnya, akar pohon manggis dapat digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur. Kulit batangnya berkhasiat mengatasi nyeri perut. Sementara itu, di Karabia dan Amerika latin buah manggis dibuat teh dan dikonsumsi sebagai pembangkit stamina. Di Jepang daun dan kulit batang manggis sering dipakai untuk mengobati hyperkeratosis, eksim dan penyakit kulit lain seperti psoriasis karena berefek antiinflamasi. Sementara masyarakat Philipina merebus daun dan kulit batang sebagai obat penurun panas, diare, disentri dan sulit berkemih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar