18 September 2016

Ungkapan Keluarga Nubuwah

Bismillaahirrohmaanirrihiim

Menjawab Surat Kaisar Romawi Dan Kecerdasan S.Ali ra

Disebutkan bahwa Khalifah Umar bin Khatthab berkali-kali dan dalam kondisi yang berbeda-beda mengatakan, "Aku berlindung kepada Allah dari menghadapi masalah, dimana dalam upaya mencari penyelesaiannya Abu al-Hasan, Ali as tidak berada bersama kita."

Sebagai contoh, suatu waktu Khalifah Umar kedatangan seorang utusan dari kerajaan Romawi yang membawa surat dan diberikan kepada Umar. Isi suratnya demikian, "Surat ini berasal dari Raja Bani al-Ashfar kepada Umar, Khalifah Muslimin. Setelah memuji Allah, saya menyampaikan sejumlah pertanyaan dan menanti jawabannya:

1. Apa yang tidak diciptakan oleh Allah

2. Apa yang tidak diketahui Allah

3. Apa yang tidak berada di sisi Allah

4. Apa yang keseluruhannya adalah mulut

5. Apa yang keseluruhannya adalah kaki

6. Apa yang keseluruhannya adalah mata

7. Apa yang keseluruhannya adalah sayap

8. Siapa pria yang tak memiliki keluarga

9. Empat makhluk hidup yang tidak berada di perut ibunya

10. Apa yang dapat bernafas, tapi tidak memiliki ruh

11. Apa yang dikatakan Naqus

12. Makhluk apa yang hanya sekali berjalan

13. Pohon apa yang mengendarai bayangannya selama 100 tahun, tapi tidak pernah sampai dan apa contohnya di dunia

14. Tempat mana yang hanya sekali terkena sinar matahari

15. Pohon apa yang tumbuh tanpa air

16. Penghuni surga makan dan minum tapi tidak buang air, apa contohnya di dunia

17. Di jamuan surga ada tempat yang berisikan makanan bermacam-macam dan tidak bercampur, apa persamaannya di dunia

18. Di surga ada anak perempuan kecil yang keluar dari apel sementara apel itu sendiri tidak kurang, bagaimana itu terjadi di dunia

19. Seorang hamba sahaya perempuan dimiliki oleh dua orang pria dan di akhirat hanya milik seorang dari mereka. Bagaimana itu bisa terjadi

20. Apa saja kunci surga

Setelah membaca surat itu, Khalifah Umar tidak bisa berbicara apa-apa dan kebingungan untuk menjawabnya. Akhirnya ia memberikan surat itu kepada Imam Ali as dan meminta solusinya. Imam Ali as membaca surat itu dan segera menuliskan jawabannya.

Bismillahirrahmanirrahim. Setelah bersyukur dan memuji Allah, wahai Raja Romawi!

Aku telah membaca suratmu dan dengan bantuan Allah, kekuasaan dan berkah-Nya serta berkah Nabi kami, Muhammad Saw, saya menjawab surat Anda.

1. Sesuatu yang tidak diciptakan Allah adalah al-Quran. Karena al-Quran merupakan firman dan sifat Allah, sama seperti kitab-kitab lain yang diturunkan dari Allah. Allah Swt adalah qadim dan sifat-Nya juga qadim.

2. Sesuatu yang tidak diketahui oleh Allah Swt adalah apa yang kalian pemeluk Kristen bahwa Allah memiliki anak, istri dan sekutu. Ketahuilah bahwa Allah tidak memiliki anak, tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak juga memiliki ayah atau dilahirkan.

3. Sesuatu yang tidak ada pada Allah adalah kezaliman. Karena Allah Swt tidak berbuat zalim kepada hamba-Nya.

4. Sesuatu yang hanya memiliki mulut adalah api neraka. Apa saja yang dijatuhkan ke dalamnya akan dimakannya.

5. Sesuatu yang semuanya kaki adalah air.

6. Sesuatu yang semuanya mata adalah matahari.

7. Sesuatu yang segalanya sayap adalah angin.

8. Orang yang tidak memiliki keluarga adalah Adam.

9. Empat makhluk hidup yang tidak berada perut ibunya adalah tongkat Musa as, domba Ibrahim as, Adam dan Hawa as.

10. Sesuatu yang tidak memiliki ruh tapi bisa bernapas adalah Subuh atau pagi. Karena Allah Swt dalam al-Quran menyebutkan "Was Shubhu Idza Tanaffasa...Dan demi Subuh apabila fajarnya mulai menyingsing." (QS. at-Takwir:18)

11. Naqus mengatakan, "Hak, hak, perlahan-lahan, keadilan, keadilan, benar, benar, dunia telah menipu kita dan menyeret kita pada hawa nafsu. Dunia berlalu dan tidak pernah membiarkan ada rezeki, kecuali untuk melemahkan pondasi kita. Mereka yang telah mati memberi tahu kita agar segera melewati tempat sementara ini. Lalu mengapa kita menjadika,n dunia sebagai tempat tinggal selamanya

12. Sesuatu yang berjalan hanya sekali adalah bukit Sina.n Jarak antara bukit Sina dan Masjidul Aqsa kira-kira beberapa hhari perjalanan. Bani Israil menolak perintah Nabi Musa as untuk memasuki daerah itu. Allah Swt membelah bukit itu dan memberikan dua sayap dari cahaya kepadanya dan bergerak di atas Bani Israil yang tengah jalan di gurun pasir untuk menghalangi mereka dari terik matahari. Sebagaimana disebutkan dalam al-Quran, "Dan (ingatlah), ketika Kami mengangkat bukit ke atas mereka seakan-akan bukit itu naungan awan dan mereka yakin bahwa bukit itu akan jatuh menimpa mereka..." (QS. al-A'raf: 171) Nabi Musa as berkata kepada mereka, "Mengapa kalian menentang perintahku? Jangan melakukan itu, bila tidak bukit ini akan dijatuhkan di atas kalian." Mereka kemudian bertaubat dan bukit Sina kembali ke tempatnya.

13. Pohon yang mengendarai bayangannya dan tidak pernah sampai adalah pohon Thuba yang berada di langit ketujuh. Amalan manusia naik ke tempatnya dan ia berasal dari pohon surga. Setiap istana dan bangunan di surga pasti ada pohon Thuba yang bergantung. Contohnya di dunia adalah matahari. Ia hanya sendiri, tapi cahayanya menyinari semua.

14. Tempat yang hanya sekali terkena sinar matahari adalah daerah yang dilalui Bani Israil akibat dikejar Firaun dan bala tentaranya dan kemudian daerah itu tertutup air kembali yang mengakibatkan Firaun dan bala tentaranya tenggelam. Pada waktu itu Allah Swt membuka laut untuk Nabi Musa as dan air bak bukit yang berdiri tegak, sementara tanah di dasar laut itu kering dan diterpa sinar matahari dan air kembali ke tempatnya semula.

15. Pohon yang tumbuh tanpa air adalah pohon Nabi Yunus as. Itu adalah mukjizat Allah Swt ketika berfirman, "Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu." (QS. as-Shaffat: 146)

16. Penduduk surga makan dan minum tapi tidak buang air sama seperti janin dalam rahim ibunya yang makan lewat tali pusarnya dan tidak pernah buang air.

17. Makanan surga di sebuah tempat tapi tidak bercampur sama seperti telur di dunia. Ada kuning telur dan putih telur, tapi mereka tidak bercampur.

18. Anak perempuan kecil yang keluar dari buah apel di surga, contoh di dunianya seperti ulat yang keluar dari apel dan tidak terjadi perubahan pada apel itu.

19. Hamba sahaya perempuan yang dimiliki dua pria di dunia dan di akhirat hanya dimiliki seorang dari mereka seperti pohon kurma yang dimiliki oleh dua orang; yang pertama mukmin seperti saya dan yang kedua kafir seperti engkau dan di akhirat nanti pohon kurma itu untukku, bukan buatmu. Karena di akhirat pohon itu berada di surga, sementara engkau tidak pergi ke surga.

20. Kunci surga adalah Laa Ilaaha Illallaaha dan Muhammad Rasulullah.

Disebutkan bahwa ketika Raja Romawi membaca jawaban surat itu, ia berkata, "Ungkapan seperti ini tidak pernah disampaikan kecuali oleh keluarga nubuwwah."

Ashollatu wasallaamu 'alaiykaa Yaa Sayyidi yaa Rosululloh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar