25 Juni 2013

Tawakal kunci RIzki

Imam Ahmad, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu al-Mubarak, Ibnu Hibban, al-Hakim, al-Qadha'i, dan al-Baghawi, mereka semua telah meriwayatkan dari Umar bin Khathab Ra., dia berkata bahwa Rasulullah Shollallahu alaihi wasallam telah bersabda: 

" Jika saja kamu berTAWAKAL kepada Allah dengan sebenar-benar tawakkal, pasti karnu diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki, ia pagi-pagi lapar dan sore hari telah kenyang," 

Dalam hadits di atas, Rasulullah Shollallahu alaihi wasallam telah benar-benar menjelaskan bahwa seseorang yang benar-benar ber TAWAKAL kepada Allah diberikan JAMINAN akan MEMPEROLEH  RIZKI   sebagaimana burung yang pergi di pagi hari dengan perut kosong dan pulang di sore hari dengan perut yang kenyang.

 Dalam riwayat lain, Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam menegaskan: "Akan masuk surga orang-orang yang hati mereka bagaikan burung."
(HR. Muslim dari Abu Hurairah Ra.). 

"Hati mereka bagaikan burung" adalah i'tibar / PELAJARAN   yang menunjukkan hati yang tidak pernah terikat oleh segala sesuatu selain Allah (bebas dari selain Allah).

 Sehingga, merasa lapang dan luas karena adanya KEPASRAHAN dan PENYERAHAN  DIRI   diri secara total, bahwa is benar-benar YAKIN  akan  JAMINAN  Allah Subhanahu wata'ala  pada dirinya, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. 

>> barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, maka Dia akan mencukupi kebutuhannya.

 Allah Subhanahu wata 'ala  telah berfirman :

...Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya, Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya, Sesungguhnya  Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. ath-Thalaaq [65]: 3). 

Allah Subhanahu wata'ala   telah memberikan  JAMINAN  di mana tidak ada satu makhluk pun yang dapat memberikan jaminan semacam ini. 

Bagi orang-orang yang telah benar-benar menyerahkan dirinya kepada Allah dan mewakilkan segala macam urusan kepada-Nya, maka Allah tidak akan pernah menyempitkan rezekinya, balk lahir maupun batin...

Moga  Manfaat, Barokallah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar