17 Januari 2012

Jejak nikotin yang ditemukan dalam tabung labu milik suku Maya

detail berita
tabung labu suku Maya (Foto : Live Science)
RIO DE JANEIRO - Jejak nikotin yang ditemukan dalam tabung labu milik suku Maya, menunjukkan bukti fisik pertama penggunaan tembakau di Masa 1000 tahun lalu.

Menurut para arkeolog, tabung labu tersebut dihiasi tulisan yang kemungkinan dibaca "Yo-'OTOT-ti'u-MAY". Dalam bahasa Inggris, kata-kata itu diterjemahkan menjadi "the home of his tobacco", atau bisa juga "her tobacco" maupun "its tobacco". Demikian dilansir Live Science, Rabu (11/1/2012).

"Bukti tekstual yang tertulis pada tembikar, biasanya menunjukkan isi atau kegunaan tembikar itu. Namun, penggunaan sebuah tembikar nyatanya bisa diubah atau direpresentasikan dengan tidak tepat," kata Jennifer Loughmiller-Newman, anggota tim peneliti tersebut.

Analisis sampel yang diekstrak dari tabung labu tersebut menunjukkan nikotin, senyawa khas yang merupakan komponen utama dalam tembakau. Ini mengindikasikan bahwa tabung tersebut nampaknya digunakan utuk menyimpan daun tembakau.

Penelusuran tabung labu ini menunjukkan asal-usulnya adalah pada periode Akhir Maya Kuno, sekitar 700 masehi. Para arkeolog menentukan bahwa artifak itu dibuat di selatan Campeche, Meksiko.

"Penelitian kami menyediakan bukti langka tentang kegunaan wadah-wadah di zaman kuno. Spectrometry massa telah terbukti menjadi metode yang sangat berharga, untuk menganalisa residu organik pada artifak-artifak arkeologis," kata Dmitri Zagorevski dari Rensselaer Polytechnic Institute. (tyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar