30 Mei 2011

SEJARAH SEPAK BOLA


Sepak bola adalah permainan yang sangat digemari oleh sebagian besar manusia dari berbagai kalangan, baik tua, muda, pria, dan wanita. Jika terjadi suatu event besar sepak bola seperti Piala Dunia 2010, atau yang bersifat tingkat negara, benua atau dunia, maka berjuta pasang mata manusia akan selalu mengikutinya.


Sejarah Sepak Bola

Tidak ada dokumentasi yang jelas menyatakan tanggal dan tempat asal usul olahraga paling populer saat ini - dunia sepakbola. Namun, kebanyakan sejarawan setuju bahwa beberapa jenis permainan bola telah bermain untuk setidaknya lebih dari 3000 tahun. Asal-usul permainan bisa dilihat di game dimainkan di Cina, Jepang, Mesir, Yunani sebelum pertandingan modern kita yang dikembangkan di Inggris.


5000-300 SM

Ada bukti di Cina bahwa kekuatan militer di sekitar abad ke 2 dan ke-3 SM (Dinasti Han) memainkan permainan, awalnya bernama “Tsu Chu”, yang melibatkan menendang bola kulit diisi dengan bulu ke dalam lubang kecil. Seperti Sepak Bola,penggunaan tangan diizinkan selama permainan permainan.


2500 SM

Ada kemungkinan versi dari jenis permainan bola yang dimainkan oleh wanita muda di Mesir selama usia Baqet III, sebagai salah satu bukti, gambar dari olah raga ini diukirkan di atas makamnya, meskipun tidak banyak yang diketahui mengenai olahraga ini kecuali bahwa itu dimainkan dengan bola.


Efek brutal dalam Sepak Bola

Permainan ini memang memungkinkan terjadinya banyak kontak fisik.

Permainan Sepak Bola pertama yang dimainkan di Britania dimainkan sekitar tahun 700 oleh penduduk setempat dari timur laut Inggris, mulai setelah permainan ‘legendaris’ permainan yang menendangi kepala terpenggal seorang pangeran Denmark yang telah dikalahkan dalam perang. Di Inggeris permainan ini adalah permainan yang penuh kekerasan, di mana cedera dan kematian adalah hal biasa.

Karena penuh kekerasan maka Raja Edward III (England) tahun 1331 melarang permainan ini. hal ini juga dilarang oleh Raja james I (Skotlandia) pada tahun 1424.

Ratu Elizabeth I dari England tahun 1572 memberikan hukuman penjara dan hukuman melalui gereja bagi para pemain bola.

Pertandingan bola juga menyebabkan putusnya hubungan diplomatik antar negara. Juni 1969 tim sepak boladari Salvador dan Honduras melakukan pertandingan pertandingan eliminasi dalam tiga game ini sebagai tahap eliminasi ke Piala Dunia. Gangguan terjadi selama pertandingan pertama di Tegucigalpa, tetapi situasi menjadi jauh lebih buruk pada pertandingan kedua di San Salvador. Tindakan terhadap warga El Salvador di Honduras, termasuk beberapa wakil konsul, menjadi semakin keras. Sejumlah orang tak dikenal Salvador dibunuh atau disiksa, dan puluhan ribu mulai melarikan diri negara.

Pers dari kedua negara memberikan kontribusi terhadap iklim semakin dekat-histeria, dan pada tanggal 27 Juni 1969, Honduras memutuskan hubungan diplomatik dengan El Salvador. beberapa hari kemudian, apa yang sekarang dikenal sebagai Soccer war dimulai. Sebuah perang sungguhan yang disebabkan karena suatu permainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar