08 Juni 2010

KEMULIAAN AKHLAK NABI MUHAMMAD, NABI PEMAAF DAN PEMBERI AMPUNAN

Keagungan pribadi Nabi Muhammad SAW tidak ada bandingannya,sebab Nabi Muhammad SAW akan memimpin umat manusia di permukaan bumi ini. Keagungan pribadi Nabi Muhammad SAW adalah untuk rahmat bagi seluruh alam,seluruh makhluk.

Nabi Muhammad di lahirkan dari keturunan orang yang mulia,bukan keturunan yang rendah. Nabi Muhammad termasuk saudagar Quraisy yang paling sukses dan kaya raya, bahkan Nabi Muhammad kaya jiwa dan kaya budi. Artinya meskipun beliau kaya raya, namun kekayaan beliau ini untuk kejayaan Islam, seperti memerdekakan perbudakan, menyantuni orang-orang yang faqir dan miskin, anak-anak yatim, dan membela yang lemah.

Nabi Muhammad SAW dilahirkan sebagai yatim piatu dan penuh kasih sayang. Maka karena yatim piatu ini, Nabi Muhammad dapat merasakan betapa pentingnya kasih sayang terhadap sesama.

Meneladani Kepribadian Nabi Muhammad SAW antara lain :
- Jiwanya murni dan niatnya sangat ikhlas. Beliau tidak suka di puji.
- Beliau tidak suka bersenang-senang. Beliau tetap sangat kasih sayang kepada sesama, terutama kapada fakir miskin dan yatim.
- Beliau sangat sopan santun,pemalu,tidak pernah mencaci maki atau menggunjing kapada orang lain.
- Beliau mencintai hidup sederhana,tidak suka bermewah-mewah,di samping suka bekerja keras untuk memperoleh nafkah dengan tidak menggantunngkan kepada orang lain.
- Beliau sangat cakap dan tangkas dalam melakukan tugas yang di amanatkan kepada dirinya.
- Nabi Muhammad SAW bukan orang pemarah, pendendam,tetapi pemaaf dan suka memberi ampun.
- Beliau sangat rendah hati dan dermawan.
- Beliau tidak pernah melupakan jasa orang lain. Sekecil apapun pemberian orang,tidak pernah di lupakannya selama hidup.


Habibullah Ba-Alawi Al-Husaini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar