31 Desember 2009

FOTO-FOTO TERBAIK DARI TELESCOPE HUBBLE

 luar angkasa

h1Galaxy Sombrero berjarak 28 juta tahun cahaya dari Bumi, dipilih sebagai foto terbaik yang pernah diambil oleh telescope Hubble. Disebut juga M104 dimana galaxy ini memiliki 800 milyar bintang dalam 50.000 tahun cahaya yang melintasi…… Betapa  Maha  luasnya  tak  terbatas  luar  angkasa tak  terbayangkan ,Indah nian  ,menghanyutkan  batin  mengembara  tiada  ujung , menyentuh  tembus  kehamparan  kosong ,kembali  kesanubari  yang  paling  dalam , ya Khalik .
h2Dinamakan kelompok bintang Semut, berjarak antara 3000 sampai dengan 6000 tahun cahaya dari Bumi. Disebut juga sebagai Mz3. Ketika observasi mengingatkan pada semut, terlihat lapisan kabut debu dan  gas.
h3Di posisi ke tiga ada Nebula NGC 2392, berjarak 5000 tahun cahaya dari Bumi. Disebut Eskimo karena mirip seperti wajah orang Eskimo. Dilingkari cincin yang terdiri dari banyak komet.
h4Disebut kelompok bintang Mata Kucing , yang mana terlihat seperti mata dari cincin milik Sauron pada film Lord of the Rings.
h5Dinamakan Jam Pasir karena kemiripan bentuknya, berjarak 8000 tahun cahaya dari Bumi.
h6Disebut juga Kerucut, berjarak 2,5 tahun cahaya pada panjang jaraknya yaitu setara dengan 23 juta perjalanan kembali dari bulan.
h7Dinamakan Badai Yang Sempurna, berjarak 5500 tahun cahaya dari bumi diskripsikan sebagai gelembung laut yang terdiri dari Hidrogen, sedikit Oksigen, Sulfur dan masih banyak elemen lainnya.
h8Dinamakan Bintang Malam, dinamakan demikian karena mengingatkan para astronomi pada lukisan terkenal Van Gogh. Terlihat lingkarang cahaya mengitari sebuah bintang di dalam galaxy Bima Sakti.
h9Dinamakan Mata yang menatap tajam, berjarak 114 juta tahun cahaya. Adalah putaran inti dari 2 buah galaxy yang digabung dinamakan NGC 2207 dan IC 2163 pada Konstelasi Canis Besar.
h10Ini adalah tempatnya bintang-bintang dilahirkan, berjarak 9000 tahun cahaya dari Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar